Teknologi

Tips Memilih Hosting Dengan Baik dan Benar

Tips Memilih Hosting Dengan Baik dan Benar

Tips Memilih Hosting Dengan Baik dan Benar – Web Hosting adalah layanan bisnis yang digunakan untuk penyimpanan data sebuah website atau berupa file-file yang nantinya akan dapat di akses secara Public.

Kita tahu bahwa saat ini sudah banyak sekali layanan Web Hosting yang tersedia, mulai dari layanan Web Hosting local (Server Indonesia) sampai belahan dunia. Meski demikian, dari setiap layanan Web hosting tentu memiliki kelebihan dan kekurangan nya. Ada banyak faktor yang perlu kita perhatikan pada saat memilih Hosting agar Baik dan Benar.

Apa saja yang perlu kita ketahui ?

Sebelum memilih layanan Web Hosting, kita harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis hosting yang tersedia.

Shared Hosting

Jenis Shared Hosting ini merupakan jenis hosting yang paling umum dan yang paling murah. Kenapa demikian ?
Pada dasarnya website anda akan di satukan pada 1 Server dengan banyak situs lainnya dengan jumlah situs bisa mencapai puluhan sampai ratusan bahkan ribuan.

Salah satu faktor yang membuat jenis Shared Hosting ini murah yaitu pembagian sumberdaya Server seperti penggunaan RAM, CPU, dan lainnya.

Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server jenis layanan web hosting yang menjembatani antara Shared Hosting dan Dedicated Server. Pada Virtual Private Server (VPS), Satu server masih bisa dibagi untuk beberapa situs dan hanya beberapa situs saja, namun tidak sama seperti Shared Hosting yang dapat di bagi mencapai ratusan bahkan ribuan situs.

Dan Pada Virtual Private Server memungkinkan pengguna dapat memiliki akses untuk masuk ke dalam root sistem dan biasanya jenis ini lebih aman di banding Shared Hosting.

Dedicated Server

Berbeda dengan Shared Hosting dan Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server menyediakan 1 Server khusus untuk penggunanya dan memberikan kebebasan Hak Akses untuk masuk ke dalam root (sistem).

Tentu hal ini sangat baik untuk pengguna website besar, karena kecepatan pada kinerja server tidak dibagi dengan situs lain.

Cloud Hosting

Cloud Hosting menawarkan kemampuan yang tak terbatas dalam menangani website traffic yang tinggi. Hal ini memungkinkan beberapa komputer bekerja sama untuk menangani tingkat lalu lintas yang tinggi pada website.

Tips Memilih Hosting Dengan Baik dan Benar

Memilih Hosting yang Baik dan Benar

  • Garansi Uptime

Uptime adalah presentase waktu server berjalan, jika uptime rendak maka harus diwaspai karena kemungkinan server sering mati, biasanya ukuran uptime paling minim adalah 99,5%, dan 99,9% sudah baik untuk pengguna website.

  • Fitur dan fasilitas

Lihat fitur dan fasilitas yang di tawarkan oleh penyedia jasa hosting tersebut, apakah sudah sesuai dengan fitur webhosting terbaru saat ini. Biasanya penyedia jasa hosting memberikan demo Cpanel terbaru, agar calon konsumen bisa melihat sendiri, fitur apa yang di sediakan dan bisa digunakan.

  • Penyimpanan Data dan Bandwidth yang Disediakan

Sudah menjadi kewajiban pihak penyedia hosting untuk menyediakan data dan bandwidth yang cukup untuk setiap paket yang di pilih. Sebaiknya pilih dengan fasilitas yang bisa di upgrade, hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu website atau blog kebanjiran trafik, maka system masih bisa berjalan dengan optimal.

  • Email Hosting

Untuk membuat sebuah website terlihat lebih professional, kita perlu sebuah email domain sendiri. Meski bukan menjadi fitur inti dari sebuah website, fitur ini bisa melengkapi website kita agar lebih professional.

  • Layanan Backup

Hosting yang baik adalah hosting yang memiliki layanan backup lengkap.

  • Customer Support 24 Jam dan Berkualitas

Jika anda kebingungan, atau jika server anda tiba-tiba mati sedangkan anda sedang berada jauh dari komputer, tentu pihak web hosting adalah orang yang paling anda butuhkan, jadi pastikan mereka menyediakan layanan dan support yang baik, bersedia melayani anda setiap saat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *